Tingkatan Pembelajaran Keris

Contac person No telp : 082226022222
Whatsapp : +6282226022222
Pin BB :  27FED143 
 
website lengkap klik www.galerikerispusaka.com

Keris pusaka sakti galeri koleksi mahar harga gambar fungsi tuah yoni khodam antik mistik tarikan ghaib langka unik nogososro sabuk inten umyang jimbe udan mas blarak sineret sengkelat taming sari kuno sepuh asli kyai cumpet singkir jawa bali sumatera bugis lombok malaysia brunei singapura pasundan mataram majapahit pajajaran madura tuban singosari pajang demak kahuripan surakarta jogjakarta PB HB
Dalam kaitannya dengan Koleksi keris saya membedakan level dari masing-masing Pecinta Keris ke dalam beberapa tingkatan sebagai berikut :

1. Level dengar

Pada level ini seorang pemula tergiur oleh apa-apa yang dikatakan oleh si penjual, tanpa mempedulikan kualitas Keris yang ditawarkan kepadanya. Kebanyakan para pemula tidak mengetahui kriteria sebuah keris yang baik dari tiap-tangguh, Jika anda pada posisi ini silahkan anda buat janji kepada sang penjual agar diberi kelonggaran waktu untuk meneliti keris tersebut. kemudian keris dikonsultasikan kepada orang yang “mengerti“ tentang keris. Jika memang harga dan kualitas keris sesuai baru kemudian bisa memaharinya, namun perlu diingat Konsultasi anda harus kepada orang yang tepat yang benar-benar mengerti akan budaya keris.

2. Level lihat

Pada level ini Seorang Pecinta Keris sudah tidak percaya dengan dongeng yang dilontarkan Si penjual Keris, dia lebih senang meneliti keris dengan melihat dan memeriksanya langsung. Pecinta keris seperti ini kadang hanya memperdulikan kualitas bahan, pamor dan garap saja. Kadang mereka tidak tahu ukuran-ukuran yang sebenarnya tentang sebuah keris maka tidak jarang rekan yang berada pada level ini membeli sebuah keris pada suatu tangguh tapi dia sendiri belom pernah melihat keris tangguh tersbut. Sebagai conth Ada penawaran Tangguh PB V, kalau pecinta keris belom pernah melihat tangguh PB V yang asli dari berbagai macam Varian maka sudah tentu akan mudah tertipu, karena keris tangguh PB banyak beredar diPasaran tapi yang benar-benar memiliki criteria Tidak Banyak. Jika anda sudah pada Level ini sudah bagus hanya saja anda perlu meningkatkan jam terbang anda untuk dapat melihat pusaka-pusaka keris yang benar-benar asli, sehingga level meilhat tidak keliru …. Jangan sampai terjadi ”Karena belom pernah melihat EMAS, melihat kuninganpun dianggap sebagai EMAS”.

3. Level rasa

Pada level ini Seorang Pecinta Keris sudah tidak percaya dengan dongeng yang dilontarkan Si penjual Keris dan juga sudah paham tentang keris-keris yang akan dibelinya, patokan pada level ini adalah keserasian Bentuk yang bisa ditangkap oleh RASA. Pada level ini seorang pecinta tosan aji sudah mapan dan memiliki kriteria khusus dalam mengkoleksi tosan aji. Para pecinta seperti ini dapat dijadikan tempat bertukar pengalaman bagi mereka yang masih level Dengar dan lihat. Untuk menuju pada Level Rasa ini seorang pecinta keris harus pernah memiliki dan meneliti keris-keris yang dimilikinya, dapat membedakan berbagai macam tangguh dan varianya. Sebagai contoh tangguh Mataram yang dapat dibedakan lagi menjadi tangguh MAtaram Senopaten, Mataram Sultan Agung, Mataram Surakata, Mataram Amangkurat Dlsb.

4. Level Rasa-Batin

Pada level ini Seorang Pecinta Keris memiliki kemampuan yang sudah mapan dalam bidang Eksoteri dan isoteri sebuah keris. Sebuah keris yang bagus dan sesuai jamannya kadang tidak dipilih olehnya karena Batinnya tidak cocok. Pada level ini seorang pecinta tosan aji sudah begitu selektif dalam memiliki tosan aji. Kadang beliau malah mengadakan pemesanan sendiri kepada Sang empu untuk dapat memiliki Keris yang sesuai denga RASA dan Batinnya.

Semoga saja tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan untuk menata diri menjadi pelestari budaya keris yang mapan. Perbanyak melihat dan belajar dulu baru kemudian memiliki, karena kadang nafsu membeli itu begitu besarnya. Namun perlu disadari bahwa keris yang bagus dan benar masih banyak berada dipasaran, hanya saja belom sempat ditawarkan kepada kita.

Salam Budaya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 | Keris Pusaka
Sengkelat Keris Pusaka | Naga Sasra | Sabuk Inten